Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: TIPS PERSIAPAN KESEHATAN FISIK SEBELUM BERANGKAT UMROH

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

TIPS PERSIAPAN KESEHATAN FISIK SEBELUM BERANGKAT UMROH

tips-persiapan-fisik-umroh

Bagi setiap Muslim kesempatan untuk berangkat Haji atau Umroh adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada umat muslim yang belum tentu didapatkan semua orang dan belum tentu terulang kembali.  Dalam rangka perjalanan suci berhaji dan berumroh ini, kesehatan jelas memainkan pera penting. Kesehatan yang baik tidak saja membuat pelaksanaan ibadah umroh dan haji menjadi lebih mudah dan nikmat, tetapi juga optimal. Oleh karena itu, selain persiapan spiritual, spiritual fisik dan mental yang baik dan selama perjalanan ibadah umroh sangat penting dilakukan
Beberapa Tips Persiapan Kesehatan Fisik Sebelum Berangkat ke Tanah Suci
Semakin bugar, anda semakin mudah melakukan berbagai ritual dalam ibadah umroh dan haji. Sangatlah penting menjaga dan mempersiapkan kondisi tubuh sebugar mungkin. Berikut adalah tips persiapan fisik sebelum berangkat umroh dan haji.
1. Berjalan kaki
Selama menjalankan ibadah umroh dan haji melakukan perjalanan kaki merupakan kegiatan yang banyak dilakukan hingga memakan jarak tempuh yang cukup jauh hingga sekian kilometre per hari. Oleh karena itu, latihlah kaki anda berjalan sebanyak sebanyak tiga kali seminggu selama satu jam akan melatih kaki anda untuk terbiasa berjalan kaki jauh. Lakukan juga jalan cepat dalam jarak pendek sekitar satu jam sehari, kemudian tambah terus jarak latihan sampai tiba waktu berangkat umroh dan haji.
2. Olahraga
Olahraga yang dimulai dari awal hingga berangkat umroh dan haji akan memberikan persiapan kesehatan fisik yang lebih baik. Kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan berjogging atau olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, senam atau yang lainnya yang disukai.
Meski belum akan berangkat umroh dan haji, kebiasaan berolahraga tetap memberikan efek kesehatan fisik yang sangat bagus. Rasullullah SAW sering mengatakan betapa pentingnya melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh.
3. Membiasakan diri terkena sinar matahari 
Menutupi kepala dengan topi atau penutup kepala juga tidak boleh dilakukan saat melakukan ibadah umroh dan haji sekalipun sinar matahari terasa menyengat. Oleh karena itu, sebelumnya anda perlu membiasakan kepala anda terkena sinar matahari. 
Untuk memulai membiasakan diri terkena matahari anda bisa memulai latihan dengan mengatur jadwal untuk terkena matahari seperti 2 – 4 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit tanpa penggunaan pelindung kulit. Bisa juga dilakukan ketika berolahraga atau latihan jalan kaki pada pagi hari ketika cahaya matahari sudah terik sehingga cahaya matahari bisa langsung mengenai kulit anda, disamping juga cahaya matahari pagi mengandung manfaat bagi kulit.
Disamping hal-hal diatas untuk mempersiapkan kesehatan fisik sebelum berangkat umroh haji lebih baik anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sehingga latihan-latihan yang anda lakukan juga bisa maksimal dengan kondisi tubuh anda dan juga tidak mengakibatkan efek yang buruk bagi kesehatan anda.

Back To Top