Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: Cara Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
0812 19196642
0857 1584 4127
0821 3619 1714

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Cara Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam


Berbuka Puasa Moment Membahagiakan


Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam—Ketika berpuasa, moment yang paling membahagiakan adalah ketika berbuka puasa. Hal itu karena, setelah seharian penuh menahan lapar dan haus akhirnya ketika berbuka puasa umat muslim dan muslimah yang pada saat itu menjalankan ibadah puasa, bisa memakan atau meminum apa yang diinginkan. Namun biasanya, ketika sedang berpuasa melihat makanan atau minuman ini dan itu yang menggiurkan membuat orang yang berpuasa menjadi kufur nikmat karena membeli semua apa yang diinginkan. Akan tetapi, ketika waktu berbuka puasa telah tiba, semua makanan itu belum tentu dimakan. Karena hanya meminum air putih saja sudah mengenyangkan perut yang seharian telah kosong. Orang jaman sekarang, dirasa sangat jarang sekali apabila tidak melakukan hal yang membuat kufur nikmat itu. Sebab, bila dilihat ketika menjelang berbuka puasa, orang jualan berada dimana-mana sehingga rasa keinginan yang menggiurkan tersebut selalu ada. Selain itu, bila makanan yang dibeli dimakan semua, telah dipastikan akan membuat Anda merasakan kekenyangan. Oleh karenanya, marilah sama-sama ketahui Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam dari Travel Umroh Haji Khazzanah Tour Travel.

Cara Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam


1.Dahulukan Membaca Do’a


Bukan hanya ketika berbuka puasa saja Anda harus melakukan hal yang paling pertama dalam Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam ini. Melainkan disetiap kesempatan mengerjakan apapun harus diawali dengan do’a. Sebab, dengan berdo’a semua kebaikan akan selalu menghampiri kita.

2.Menyegerakan Berbuka Puasa


Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam yang selanjutnya adalah disunnahkan bagi umat muslim dan muslimah yang telah menjalankan puasa, selalu menyegerakan berbuka puasa apabila matahari telah terbenam atau apabila adzan maghrib telah berkumandang. Karena menyegerakan berbuka puasa akan mendatangkan banyak kebaikan bagi seorang umat muslim dan muslimah.  Hal ini berdasarkan hadits yang artinya : Dari Sahal bin Sa’ad Radiyallahu’anhu berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda : “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (Muttafaqun Alaihi). Adapun hadits kedua yang menjelaskan mengenai kebaikan yang didapatkan oleh orang yang menyegerakan berbuka puasa adalah dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu berkata, bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda : “Allah ‘azza wa jalla berfirman : “Hamba yang paling Aku cintai adalah yang paling menyegerakan berbuka” (Hadits Riwayat At Tarmidzi, dishohihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban). Rasakan nikmatnya berbuka puasa di tanah suci dengan melaksanakan umroh Ramadhan disini >>> http://www.travel-umroh-haji.com/2017/03/paket-umroh-ramadhan-2017.html untuk ketahui informasinya!

3.Mendahulukan Meminum Air Putih


Air putih adalah minuman yang paling sehat diantara minuman yang lainnya. Sebab, air putih belum tercampur oleh zat kimia di dalamnya. Selain itu, air putih adalah kebutuhan yang paling penting bagi tubuh manusia. Jadi, air putih sangat bagus apabila dimasukkan ke dalam artikel ini yang berjudul Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam. Akan tetapi, banyak sekali umat muslim dan muslimah yang tidak mendahulukan air putih sebagai pemula untuk berbuka puasa. Kebanyakan langsung meminum air es yang bisa langsung menghilangkan dahaga. Padahal, air es sama sekali tidak dianjurkan untuk menu berbuka puasa karena kurang menyehatkan. Bagi Anda yang mungkin tidak bisa lepas dari air es, bisa menyegerakan Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam dengan meminum air putih hangat atau biasa terlebih dahulu.

4.Memakan Makanan Lembut Dan Manis


Makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa dan memiliki rasa yang lembut dan manis antara lain adalah : Buah kurma, air putih, dan makanan yang banyak mengandung serat.


5.Tidak Berlebihan Saat Makan


Makan berlebihan bukan hal yang termasuk ke dalam Berbuka Puasa Yang Sehat Dalam Islam, sebab bisa-bisa Anda akan kekenyangan dan bisa menimbukan sakit perut atau sesak napas. Dalam tubuh, ada 3 ruang untuk 1/3 air, udara dan makanan. Maka makanlah kira-kira saja jangan sampai Anda kekenyangan. Bila ingin memakan makanan yang berat seperti nasi dengan lauk-pauknya, Anda bisa memakannya setelah shalat maghrib atau isya.



Back To Top