Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: Menanggapi Sakit Ada Hikmahnya Dalam Islam

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
0812 19196642
0857 1584 4127
0821 3619 1714

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Menanggapi Sakit Ada Hikmahnya Dalam Islam



Semua Cobaan Yang Datang Atas Kehendak Allah


Hikmah Orang Sakit—Cobaan adalah hal yang lumrah dalam hidup ini. Sebab, memang hidup tidak selalu bahagia melulu. Pasti ada lika-liku perjalanan hidup yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan. Tinggal bagaimana manusianya saja dalam menanggapi atau menyikapinya apakah baik atau buruk. Tidak semua manusia bisa menerima dengan ikhlas sebuah cobaan. Ada yang menganggap bahwa cobaan yang diberikan adalah adzab dan ada pula yang menganggap cobaan yang diberikan adalah sebuah rejeki dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai media pendewasaan diri dalam kehidupan ini. Bahkan ada yang menganggap cobaan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu buruk, hingga sifat marah dan menyalahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala  ada dalam dirinya. Padahal apapun yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala kehendaki dalam hidup semua manusia, tentu itu merupakan sebuah kebaikan yang bisa diambil hikmahnya. Jadi, tidak perlu menambah dosa dan menghabiskan energi karena menyalahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas cobaan dalam hidup ini.

Nah, adapun cobaan yang sering Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan pada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa, bisa berupa penyakit yang didatangkan atau berupa musibah lain misalnya seperti kehilangan harta benda, anak-anak yang belum sholeh dan sholehah, dan masih banyak lagi. Cobaan bukan hanya sekedar sebuah kesulitan, namun dapat sebuah kebahagiaan misalnya seperti harta yang melimpah, kehidupan yang mewah dan lainnya. Akan tetapi, jika kita sebagai manusia yang diberikan cobaan tersebut dapat melewati masa-masa sulit tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memberikan ganjaran dan hikmah yang bermanfaat yang dapat diambil. Pada artikel ini yang singkat ini, akan dibahas mengenai Hikmah Orang Sakit. Siapa yang sedang sakit? Yuk positive thinking saja sama Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan ambil hikmahnya dari sakit yang sedang Anda rasakan.

Hikmah Bagi Orang Yang Sedang Sakit


1.Sebagai Penebus Dosa dan Banyak Kesalahan


Jika semua cobaan seperti sakit dianggap sebagai penebus dosa selama hidup ini, maka inshaaAllah kita sebagai manusia dapat menanggapi sebuah penyakit menjadi sarana untuk menebus dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Hikmah Orang Sakit  ini berdasarkan hadits dari Jabir bin Abdullah Radiyallahu’anha sesungguhnya ia mendengar Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda: “Tidaklah sakit seorang mukmin, laki-laki dan perempuan, dan tidaklah pula dengan seorang muslim, laki-laki dan perempuan, melainkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala menggugurkan kesalahan-kesalahannya dengan hal itu, sebagaimana bergugurannya dedaunan dari pohon.” (HR. Ahmad, 3/346).


2.Mengangkat Derajat dan Menghapus Kesalahan


Hikmah Orang Sakit yang selanjutnya telah dijelaskan dalam hadits dari ‘Aisyah Radiyallahu ‘anha, ia berkata sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda:"Tidak ada seorang muslim pun yang tertusuk duri, atau yang lebih dari itu, melainkan ditulis untuknya satu derajat dan dihapus darinya satu kesalahan" (HR. Muslim no. 2572).


3.Sebab Mencapai Kedudukan Yang Tinggi


Hikmah Orang Sakit selanjutnya adalah merupakan sesuatu yang tidak disukai oleh kita sebagai manusia, namun disukai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga dengan begitu Hikmah Orang Sakit yang didapat menjadikan seseorang mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda: "Tidak ada seorang muslim pun yang tertusuk duri, atau yang lebih dari itu, melainkan ditulis untuknya satu derajat dan dihapus darinya satu kesalahan" (HR. Muslim no. 2572). Dapatkan Paket Umroh Desember yang biayanya murah dari program Khazzanah Tour Travel secepatnya.. Jangan sampai kehabisan seat!
Back To Top