Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: Ringkasan Nama Bagian-Bagian Kak'bah

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
0812 19196642
0857 1584 4127
0821 3619 1714

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Ringkasan Nama Bagian-Bagian Kak'bah

Ilmu Dasar Agama Islam Mengetahui Tentang Kak’bah



Nama Bagian-Bagian Kak’bah—Ilmu Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangatlah luas, sehingga tak banyak orang yang dapat menguasai semua bidang ilmu yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala ciptakan yang ada didunia ini. Hanya ada beberapa orang saja yang dapat menjadi ahli dalam sebuah bidang ilmu tapi bukan semua ilmu. Karena manusia biasa, tak kan mungkin mampu menopang ilmu Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang luas dalam pundaknya yang kecil. Namun, bagi kaum Muslimin dan Muslimah, meski menyukai ilmu lain, tetaplah harus menguasai ilmu agama yang dianutnya yaitu ilmu agama Islam untuk bekal di dunia maupun di akhirat kelak. Selain itu, bila mengerti dan meyakini dengan sungguh-sungguh tentang ilmu Agama Islam, tentunya akan membuat keyakinan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tak akan tergoyahkan sedikitpun walau cobaannya banyak. Untuk itu, dalam mendalami ilmu agama Islam, maka harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluknya yang paling dasar. Misalnya dalam pembahasan artikel ini ada Nama Bagian-Bagian Kak’bah. Sebelum mengetahui Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang singkat dan jelas, sudah tahukah Anda apa Kak’bah itu?

Kak’bah yang telah diketahui banyak orang adalah sebuah bangunan yang ditakdirkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai tempat pusat ibadah kaum Muslimin dan Muslimah. Dimanapun kita berada, maka titik pusat kiblatnya berada di Kak’bah.  Sejak tahun 1040 M, ukuran yang dimiliki Kak’bah tidak pernah berubah sama sekali, meski sudah beberapa kali mengalami renovasi. Nah, sudah memahami sedikitnya mengenai Kak’bah, maka langsung kita baca Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang ada disekitar Kak’bah. Mau lihat bagian Kak'bah secara mendetail? Yuk ikut program paket umroh yang murah dengan cari tahu infonya disini http://www.travel-umroh-haji.com/2017/07/paket-umroh-desember-2017-liburan-akhir-tahun.html 

Nama Bagian-Bagian Yang Berada di Sekitar Kak’bah


1.Hajar Aswad



Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang paling utama dan menjadi bagian yang dihormati didaerah Kak’bah adalah Hajar Aswad. Hajar Aswad ini, merupakan batu suci yang diturunkan dari surga dengan warnanya yang masih bewarna putih bersih. Namun sekarang batu itu warnanya menjadi hitam. Seperti yang telah diterangkan dalam sabda Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam yang artinya “Hajar Aswad turun dari surga, dalam kondisi berwarna putih dari air susu, yang kemudian dosa-dosa anak Adam lah yg menjadikannya berwarna hitam.” (HR at-Tirmidzi, yg dishahihkann oleh al-Albani, Shahih Sunan at-Tirmidzi, no.877).

2.Pintu Kak’bah



Pintu Kak’bah juga termasuk ke dalam Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang penting untuk memasuki dan melihat bagian Kak’bah bagi orang-orang penting misalnya Raja Arab Saudi. Pintu Kak’bah ini memiliki nama Al-Burk dan terbuat dari emas 99 karat serta memiliki berat 280 kg.

3.Talang Air (Mizrab Rahmah)



Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang penting selanjutnya adalah Talang air yang dilapisi emas. Talang Air ini berfungsi untuk membuang genangan air bila hujan turun sebagai proses pembersihan Kak’bah. Talang air berada diatas Hijr Ismail tepatnya.

4.Syadzarwan



Syadzarwan adalah Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang menjadi pondasi Kak’bah. Terbuat dari marmer dan berfungsi untuk mencegah banjir datang menggenangi Kak’bah airnya.

5.Hijr Ismail



Merupakan Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang menjadi tempat shalat orang-orang yang menunaikan ibadah umroh ataupun haji. Sangat disayangkan rasanya apabila tidak shalat didalam Hijr Ismail tersebut. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam, bahwa Aisyah berkata, yang artinya : “Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melaksanakan Shalat di dalamnya, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam kemudian membawa Aisyah ke dalam Hijr Ismail sambal berkata “Shalatlah kamu disini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah” (Hadits Riwayat Abu Dawud).

6.Multazam



Multazam adalah Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang sangat penting apalagi untuk memanjatkan do’a. Sebagaimana yang telah tertera dalam sebuah hadits yang artinya : “Multazam adalah tempat berdoa yg mustajab, tidak seorangpun dari hamba Allah yg berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya”

7.Maqam Ibrahim



Maqam Ibrahim adalah Nama Bagian-Bagian Kak’bah yang terdapat bekas pijakan kaki Nabi Ibrahim a.s. Arti dari Maqam sendiri ialah tempat berdiri. Maqam Ibrahim ini masih dapat dilihat dalamnya oleh semua orang lewat dinding kecil yang terbuat dari kaca.

Selain yang telah dijelaskan diatas, ada juga Nama Bagian-Bagian Kak’bah lainnya seperti Rukun (Sudut) Hajar Aswad, Rukun Yamani, Rukun Syami, Rukun Iraqi, Kiswah Kak’bah, Garis Arah Pertama Toaf.

Back To Top