Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: Apakah Itu Rukun Umroh?

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Apakah Itu Rukun Umroh?

Jama’ah yang ingin melakukan umroh tentunya harus mengetahui apa itu rukun umroh. Rukun berarti asas, dasar, atau pondasi yang dikerjakan yntuk mengesahkan suatu pekerjaan. Berarti rukun umroh adalah dasar-dasar untuk mengerjakan umroh. Apa saja rukun umroh itu? Berikut penjelasannya.

1.Niat Ihrom

Niat ihrom dilakukan ketika ingin melakukan ihrom. Jama’ah yang tidak mengerjakannya tentu umrohnya menjadi kurang afdhol atau bisa disebut tidak sah. Selain dengan niat, dianjurkan sebelum melakukan umroh, Jama’ah melakukan mandi terlebih dahulu layaknya mandi junub dan memakai wangi-wangian yang terbaik (jika ada) lalu memakai pakaian ihrom (kain putih tidak dijahit). Untuk laki-laki pakaian ihrom berupa kain putih 2 lembar yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak. Adapun untuk wanita, pakaian ihrom berupa kain yang dapat menutupi seluruh tubuh sesuai yang disyari’atkan dalam islam. Rukun umroh ini dilakukan dari miqat yang tekah ditentukan. Paket Umroh Desember cocok biayanya untuk umroh sekeluarga!

2.Tawaf Kak’bah.

Mengelilingi Kak’bah sebanyak 7 kali termasuk rukun umroh. Melakukan thawaf harus berlawanan denga arah jarum jam. Sehingga letak Baitullah berada di sebelah kiri Jama’ah. Tiga putaran pertama dengan lari-lari kecil dan untuk putaran selanjutnya dengan berjalan biasa. Thawaf dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir juga di Hajar Aswad.

3.Sa’i
Sai adalah rukun umroh yang dilakukan dengan lari-lari kecil atau berjalan cepat. Sa’I dilakukan dengan bolak balik dari Safa dan Marwa.

4.Tahallul
Tahallul adalah menghalalkan melakukan apa yang di larang ketika melaksanakan ibadah umroh. Misalnya memotong 3 helai rambut. Rukun umroh ini dilakukan ketika ingin selesai melakukan ibadah umroh.

Rukun-rukun umroh itu harus dilaksanakan Jama’ah secara berurutan dan khusyu. Karena apabila tidak dikerjakan salah satunya tentunya umrohnya tidak akan menjadi sah. Umroh, bisa dilaksanakan kapan saja tidak ditentukan oleh waktu. Semakin sering umroh maka semakin banyak pula pengampunan dosa. Karena dari umroh ke umroh akan menjadi pengampun dosa bagi yang menjalankannya. Bila Anda ingin melakukan umroh tentunya harus sering berhati-hati ketika ingin mendaftarkan diri Anda menjadi calon Jama;ah umroh dengan biro jasa travel yang menyediakan jasa untuk umroh dan haji. Sering kali kita melihat banyak yang tertipu akibat tidak mengetahui kejelasan biro jasa itu. Maka akan menjadi berdampak buruk bagi kita yang mempercayainya. Kita bisa menjadi kena tipu atau lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah biro jasa umroh yang telah dipercaya oleh kalangan masyarakat. Contohnya Khazanah Tour yang dapat membantu Anda dalam perjalanan umroh yang nyaman dan dapat disiapkan semuanya dengan matang. Ada Paket Umroh Desember loh, mari kita lihat dulu!

Itulah penjelasan rukun umroh secara singkat untuk Anda calon Jama’ah yang ingin melaksanakan ibadah umroh. Semoga bermafaat. Terimakasih

Tag : Rukun Umroh
Back To Top