Travel Haji Plus Umrah Khazzanah Tour: TIPS AMAN DAN NYAMAN DALAM UMRAH PLUS AQSHA

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

TIPS AMAN DAN NYAMAN DALAM UMRAH PLUS AQSHA

 SEKILAS UMRAH PLUS AQSHA

Paket Umrah Plus Aqsha mengombinasikan ibadah umrah dan ziarah ke Al-Aqsa di Palestina. Anda bisa mendapatkan paket tersebut dari agen perjalanan yang menawarkan berbagai paket perjalanan ke Tanah Suci. Selama paket perjalanan ini, peserta akan melakukan umrah terlebih dahulu di Mekah sebelum melakukan ziarah ke Al-Aqsa. Kombinasi tersebut sangat populer di kalangan umat Islam yang ingin melengkapi ibadah umrah mereka dengan ziarah ke Kota Suci yang diberkati.


TIPS AMAN DAN NYAMAN DALAM UMRAH PLUS AQSHA


FASILITAS YANG DISEDIAKAN

Fasilitas dalam paket Umrah Plus Aqsha bervariasi tergantung pada agen perjalanan, namun pada umumnya meliputi transportasi, akomodasi, tour guide berbahasa Indonesia, visa, dan tiket penerbangan dari Mekah ke Palestina. Paket ini juga mencakup fasilitas katering, perlengkapan ibadah, dan pengawasan oleh tim agen perjalanan.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan religi seperti Masjid Al-Aqsa, Dome of the Rock, Maqam Nabi Ibrahim, dan Masjid Buraq. Selain itu, peserta akan mengunjungi kota Jerusalem dan melihat tempat lain seperti Masjid Al-Marwani, Masjid Al-Buraq, dan Masjid Omar.

Pemandu wisata yang berpengalaman akan membantu peserta menjelajahi Palestina dan memberikan informasi mengenai do's and don'ts serta tips selama paket Umrah Plus Aqsha. Terdapat juga briefing sebelum berangkat untuk memberikan penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan selama di Palestina dan Mekah.


JADWAL PERJALANAN

Jadwal perjalanan dalam paket Umrah Plus Aqsha telah ditetapkan oleh agen perjalanan yang menawarkannya. Jadwal ini dikembangkan untuk memastikan para peserta bisa menunaikan ibadah umrah dan ziarah ke Al-Aqsa dengan tenang dan nyaman.

Jadwal perjalanan biasanya dimulai dengan keberangkatan dari Indonesia ke Mekkah untuk melakukan ibadah umrah. Setelah itu, peserta akan menuju Al-Aqsa melalui transportasi udara atau darat. Beberapa agen perjalanan mungkin akan menginap di Amman, Yordania, sebelum melanjutkan perjalanan ke Palestina.

Setelah tiba di Al-Aqsa, peserta akan melakukan berbagai kegiatan ziarah seperti mengunjungi Masjid Al-Aqsa, Dome of The Rock, Maqam Nabi Ibrahim, dan Masjid Buraq, serta berkeliling Kota Tua Jerusalem. Ada juga paket perjalanan yang mencakup kuliner tradisional Palestina.

Setelah menyelesaikan ziarah, peserta akan kembali ke Mekkah untuk melaksanakan beberapa rangkaian ibadah umrah seperti thawaf dan sai sebelum kembali ke Indonesia. Jangka waktu perjalanan umumnya sekitar 10-14 hari, tergantung pada pilihan agen perjalanan dan peserta.

Namun, jadwal perjalanan dapat berubah sesuai dengan kondisi yang tidak terduga seperti cuaca buruk atau keamanan di sekitar Al-Aqsa. Untuk itu, agen perjalanan memberikan briefing dan jadwal yang intensif untuk memastikan peserta dapat menunaikan ibadah dan ziarah dengan aman dan nyaman.


Dapatkan kenyamanan umrah plus ziarah Masjid Al-Aqsha, dengan jaminan layanan istimewa, dipandu Tour Leader Muthowif berpengalaman dan tersertifikasi BNSP.



JADWAL KHUSUS IBADAH DI MASJIDIL AQSHA

Dalam paket Umrah Plus Aqsha, tersedia jadwal khusus untuk ibadah di Masjid Al-Aqsa. Persiapan khusus perlu dilakukan karena Masjid ini merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam yang sangat dihargai. 

Jadwal khusus biasanya mencakup waktu shalat berjamaah di masjid ini serta waktu untuk berdoa, membaca Al-Qur'an, dan menikmati suasana di sekitarnya. Tetapi kunjungan ke Masjid Al-Aqsa memerlukan patuh pada beberapa aturan, seperti menjaga busana dan tidak memamerkan kurang sopan, serta membawa identitas dan mematuhi aturan-aturan lain. 

Selain itu, jadwal kegiatan bisa menyesuaikan permintaan jamaah yang berbeda. Oleh karena itu, merencanakan dan mengatur jadwal dengan baik akan membantu para jamaah melakukan ibadah dan ziarah dengan lebih maksimal dan terstruktur. Kondisi di sekitar Masjid Al-Aqsa bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi yang ada, maka perlu memantau jadwal yang diberlakukan saat ini.



ATURAN KHUSUS LAIN YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN

Selain aturan yang disebutkan sebelumnya, ada juga aturan khusus untuk diingat ketika mengunjungi Masjid Al-Aqsa di Palestina. Beberapa aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tepat waktu: Penting untuk tiba di Masjid Al-Aqsa sesuai jadwal untuk menghindari kerumunan.
  2. Pakaian sopan: Pastikan pakaian menutup aurat dan tidak ketat saat mengunjungi masjid.
  3. Tidak membawa makanan/minuman: Membawa makanan dan minuman dilarang untuk menjaga kebersihan masjid.
  4. Kartu identitas: Jamaah harus membawa kartu identitas saat mengunjungi Palestina.
  5. Menghormati tempat suci lainnya: Jamaah harus menghormati tempat suci lainnya di Palestina.
  6. Menjaga kebersihan: Jamaah harus menjaga kebersihan di dalam Masjid Al-Aqsa.

Para jamaah harus mengikuti aturan dan tata cara saat mengunjungi Masjid Al-Aqsa sehingga menunjukkan penghormatan dan kesakralan tempat tersebut. Aturan dan cara tersebut akan dijelaskan pada briefing sebelum keberangkatan.



WAKTU TERBAIK UNTUK MENGUNJUNGI MASJIDIL AQSHA

Kunjungan ke Masjid Al-Aqsa sebaiknya direncanakan dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Salah satunya adalah waktu musim, terutama pada musim semi atau musim gugur yang tidak terlalu panas. Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang baik untuk beribadah di sana, terutama pada malam Lailatul Qadar. 

Selain itu, pada saat ada event besar seperti perayaan Idul Fitri dan Idul Adha juga menjadi waktu yang menarik untuk ziarah ke sana. Namun, para jamaah juga harus mempertimbangkan ketika terjadi kejadian bersejarah atau berita-berita terbaru yang menyita perhatian dunia di Palestina, daerah sekitar Masjid Al-Aqsa sering menjadi sorotan dan tempat keramaian. 

Oleh karena itu, para jamaah harus berhati-hati dalam memilih waktu dan mempertimbangkan situasi yang ada. Namun, pada dasarnya setiap saat selalu tepat untuk beribadah di sana.



WAKTU KUNJUNGAN SELAIN WAKTU YANG DISEBUTKAN

Kunjungan ke Masjid Al-Aqsa masih dimungkinkan di luar musim yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, para jamaah harus memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan sekitar Masjid Al-Aqsa sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Saat musim panas yang sangat terik, suhu bisa menjadi sangat panas dan sulit bagi para jamaah untuk menjalankan ibadah. Oleh karena itu, jamaah harus selalu memperhatikan aturan kunjungan dan memastikan kesehatan tubuhnya selama melakukan ziarah ke Masjid Al-Aqsa.

Situasi keamanan di sekitar Masjid Al-Aqsa juga perlu diperhatikan karena bisa berubah-ubah tergantung pada situasi di daerah tersebut. Maka, para jamaah harus selalu memerhatikan himbauan dan petunjuk dari pihak keamanan setempat serta mengikuti saran dan arahan dari agen perjalanan.

Selama kunjungan ke Masjid Al-Aqsa, para jamaah harus senantiasa memperhatikan etika dan sopan santun serta menjaga nilai-nilai kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Waktu kunjungan di luar musim yang ditentukan juga disarankan agar disesuaikan dengan jadwal kunjungan dan segala persiapan yang diperlukan telah dilakukan sebelum keberangkatan ke Palestina.

Secara keseluruhan, kunjungan ke Masjid Al-Aqsa bukanlah suatu halangan jika semua persiapan telah dipertimbangkan dengan matang. Bahkan, kunjungan di luar musim ramai bisa menjadi lebih nyaman bagi para jamaah kecil. Oleh karena itu, persiapan yang matang dan teliti merupakan salah satu kunci untuk melakukan kunjungan yang menyenangkan dan memberikan pengalaman spiritual yang berharga.



KEAMANAN DI SEKITAR MASJIDIL AQSHA

Ketika berkunjung ke Masjid Al-Aqsa, para jamaah harus memperhatikan situasi keamanan yang ada. Terkadang terjadi konflik antara warga Palestina dan pasukan Israel yang dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan para jamaah. Akan tetapi, pihak keamanan Palestina dan Israel telah mengambil tindakan untuk meningkatkan keamanan di sekitar Masjid Al-Aqsa. Mereka menerapkan aturan ketat seperti pengawalan dan pemeriksaan benda bawaan para jamaah untuk menjamin keselamatan mereka saat beribadah di sana.

Meskipun keamanan sudah ditingkatkan, para jamaah masih harus tetap waspada dan selalu memperhatikan kondisi keamanan terbaru. Situasi keamanan dapat berubah tiba-tiba, tergantung pada perkembangan politik dan sosial di wilayah tersebut. Maka dari itu, para jamaah harus selalu memerhatikan petunjuk dari pihak otoritas setempat dan agen perjalanan supaya perjalanan ke Palestina dapat berjalan dengan aman dan sukses.



CARA MEMPEROLEH INFORMASI TERBARU SITUASI KEAMANAN DI SEKITAR MASJIDIL AQSHA

Agar dapat mengikuti perkembangan terkini seputar situasi keamanan di sekitar Masjid Al-Aqsa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, Anda dapat memperoleh informasi melalui media massa baik itu media lokal atau internasional. 

Kedua, Anda bisa mendapatkan informasi seputar keamanan langsung dari agen perjalanan yang Anda gunakan saat memesan perjalanan ke Masjid Al-Aqsa. Mereka biasanya menyampaikan informasi terbaru seputar situasi keamanan, aturan kunjungan, serta tindakan keamanan yang diperlukan bagi para jamaah yang berkunjung ke daerah tersebut. 

Ketiga, Anda bisa memperoleh informasi terbaru melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia. Mereka dapat memberikan berbagai informasi terkait dengan situasi keamanan, aturan kunjungan, dan juga memberikan rekomendasi khusus bagi para jamaah yang akan melakukan perjalanan ke Palestina. 

Terakhir, Anda bisa bergabung dengan grup atau forum perjalanan ke Masjid Al-Aqsa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang situasi keamanan dan kenyamanan selama kunjungan di daerah tersebut. 

Namun, sangat penting untuk selalu memperhatikan perkembangan terkini dan memahami kondisi terakhir di sana sebelum membuat keputusan untuk pergi. Jika situasi memprihatinkan, sebaiknya menghindari untuk berkunjung pada waktu yang ditentukan. Yang terutama adalah selalu berhati-hati dan memprioritaskan keselamatan selama perjalanan.



SITUS WEB UNTUK PENYEDIA INFORMASI TERBARU

Ini beberapa website yang mengandung berita terbaru tentang Masjid Al-Aqsa kamu bisa kunjungi:

1. Jerusalem Post (https://www.jpost.com/) adalah situs berita yang berbasis di Israel, yang menyampaikan informasi aktual seputar politik, ekonomi, keamanan, dan budaya di Palestina dan Israel terkait situasi Masjid Al-Aqsa.

2. Ma'an News (http://www.maannews.net/) adalah situs berita online bahasa Inggris yang berpusat di Palestina, yang menawarkan berita mengenai politik, sosial, hukum, kemanusiaan, dan berbagai hal lain yang terkait dengan keadaan Palestina, termasuk informasi tentang situasi Masjid Al-Aqsa.

3. Middle East Monitor (https://www.middleeastmonitor.com/) merupakah situs berita yang fokus pada peristiwa di Timur Tengah, yang termasuk berita tentang keamanan serta politik di Palestina dan Israel tanpa ada bias, dari banyak sumber.

4. Al-Jazeera (https://www.aljazeera.com/) merupakan salah satu situs berita yang sangat populer di dunia Arab, yang menyajikan berita-berita tentang keamanan, dan perkembangan politik serta sosial di Palestina dan Israel termasuk leader tentang Masjid Al-Aqsa.

5. Kedutaan Besar Palestina (https://www.palestineemb.or.id/) adalah website untuk Kedutaan Palestina di Indonesia, yang menyediakan berbagai informasi tentang Palestina termasuk informasi terkait dengan keamanan, dan pengetahuan kunjungan ke Masjid Al-Aqsa.

Perlu diingat bahwa kamu sebaiknya memperbaru informasi dari sumber yang diakui kepercayaannya, dan jangan lupakan untuk selalu mempertahankan keamanan dan kenyamanan diri pada perjalanan ke Palestina dan waktu berkunjung ke Masjid Al-Aqsa.



WILAYAH MASJIDIL AQSHA YANG SEBAIKNYA DIHINDARI

Agar para jamaah tidak terkena risiko keamanan di sekitar Masjid Al-Aqsa, beberapa wilayah sekitarnya perlu dihindari. 

  1. Wilayah Old City yang berada di sekitar Masjid Al-Aqsa sering menjadi tempat demonstrasi dan bentrokan. 
  2. Wilayah Sheikh Jarrah di sebelah timur kota tua tempat pemukiman Yahudi dan sering menjadi tempat protes dan kerusuhan sosial. 
  3. Wilayah Selatan kota tua, Silwan, juga sensitif dan merentan terjadi kerusuhan dan bentrokan. Wilayah Tepi Barat yang terletak di sebelah timur Yerusalem telah mengalami aksi kekerasan Israel. 

Oleh karena itu, penting bagi para jamaah untuk selalu mengikuti informasi terbaru mengenai situasi keamanan dari media massa dan kantor representasi Palestina. Para jamaah juga harus memperhatikan himbauan dan arahan dari petugas keamanan setempat serta mendapatkan informasi yang valid sebelum menentukan wilayah yang akan dikunjungi. 

Keselamatan dan keamanan pada saat melakukan perjalanan ke Palestina harus menjadi prioritas utama agar kunjungan ke Masjid Al-Aqsa dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Dapatkan kenyamanan umrah plus ziarah Masjid Al-Aqsha, dengan jaminan layanan istimewa, dipandu Tour Leader Muthowif berpengalaman dan tersertifikasi BNSP.


KIAT - KIAT MENJAGA KEAMANAN SELAMA BERKUNJUNG KE MASJIDIL AQSHA

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat mengunjungi Masjid Al-Aqsa, ini beberapa kiat yang bisa diikuti:

  1. Hindari area yang rawan konflik dengan meminta bantuan agen perjalanan atau warga setempat.
  2. Jangan berkunjung pada hari atau waktu sensitif seperti ulang tahun kemerdekaan Israel atau hari-hari perayaan Yahudi.
  3. Kenakan pakaian sopan dan hormati ulama setempat.
  4. Jagalah barang berharga Anda dan jangan terlalu menonjolkan perhiasan atau uang tunai.
  5. Patuhi semua kebijakan dan peraturan setempat.
  6. Bawa identitas dan dokumen penting seperti kartu identitas, dokumen perjalanan dan tiket.
  7. Selalu waspada dan tetap terhubung dengan keluarga atau rombongan.

Dengan mengikuti kiat-kiat tersebut, akan membantu Anda merasa lebih aman dan nyaman ketika mengunjungi Masjid Al-Aqsa. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mematuhi segala aturan dan peraturan yang berlaku agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar dan nyaman.



KESIMPULAN

Jika diuraikan, dapat disimpulkan bahwa Masjid Al-Aqsa memiliki kepentingan yang besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain menarik karena keindahan bangunannya, Masjid Al-Aqsa juga memiliki nilai sejarah dan keutamaan sebagai tempat ibadah. Namun, beberapa daerah di sekitarnya lebih baik dihindari karena rentan terjadi konflik. Oleh karena itu, sebelum pergi ke sana, penting untuk memperoleh informasi terkini mengenai situasi keamanan dari sumber-sumber terpercaya. Selama berkunjung, penting untuk menjaga keamanan diri sendiri dan mengikuti peraturan setempat serta menghindari tindakan yang dapat memprovokasi pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengikuti kiat-kiat ini, para jamaah bisa merasa lebih aman dan nyaman selama berkunjung ke Masjid Al-Aqsa.


Back To Top